Rabu, 17 Oktober 2012

5 Cara sembuhkan sakit kepala tanpa obat













Sakit kepala? Sebaiknya jangan terburu-buru mengonsumsi obat. Ada kok cara lain untuk menyembuhkan sakit kepala tanpa obat. Mau tahu? Ini dia, seperti dilansir oleh Shine! (12/10).

1. Kompres
Beberapa jenis sakit kepala, seperti migrain, bisa sembuh ketika 'didinginkan'. Caranya tentu dengan mengompres menggunakan es batu. Bungkus es batu dalam wadah kecil atau handuk kering, kemudian tempelkan pada kening. Biarkan seperti itu hingga 15 menit. Ulangi lagi dengan jeda waktu agak lama, sekitar 15 menit.

2. Hangatkan tubuh
Rasa hangat juga bisa membantu meredakan sakit kepala, terutama sakit kepala akibat otot yang kaku pada leher dan pundak. Caranya, letakkan sesuatu yang hangat di bagian leher atau kepala bagian belakang. Atau siram air hangat ke bagian tubuh belakang Anda. Pastikan airnya tidak terlalu panas, karena bisa membakar kulit dan membuat Anda tidak nyaman.

3. Pijat
Memijat bagian kepala yang sakit juga bisa meredakan sakit kepala. Gunakan ujung jari untuk memijat bagian leher, kening, bagian belakang kepala, dan pundak. Otot yang kaku pada bagian tersebut bisa jadi menyebabkan sakit kepala, sehingga memijat bisa mengendorkan otot dan membuat kepala terasa baikan.

4. Tidur
Tidur bisa membuat Anda tidak merasakan sakit kepala. Ketika terbangun kemungkinan sakit yang dirasakan sudah berkurang. Tidur sangat membantu mengurangi sakit kepala, terutama untuk migrain. Gunakan tempat yang sepi dan gelap, matikan lampu, kemudian tidurlah. Jika tak bisa tertidur, maka istirahatlah dengan tenang.

5. Teknik relaksasi
Stres dan kecemasan bisa menyebabkan sakit kepala. Saat ini terjadi, yang Anda butuhkan adalah teknik relaksasi. Pertama-tama, berbaringlah di ruangan yang gelap dan sunyi. Pijat otot di daerah kaki, kemudian buat kaki terasa rileks. Lakukan hal yang sama untuk otot kaki bagian bawah. Gerakkan seluruh tubuh dan buat otot-otot Anda rileks.
Cara kedua, ketika duduk dengan santai atau berbaring, tutup mata Anda dan bayangkan tempat yang membuat Anda tenang, seperti pantai atau lainnya. Bayangkan suasana tersebut di tubuh anda. Rasakan anginnya, suara ombak, atau sinar matahari yang hangat. Sambil berimajinasi, tarik nafas dalam-dalam dan rasakan nafas yang keluar masuk tubuh Anda.
Lima cara di atas bisa dilakukan untuk meredakan sakit kepala tanpa bantuan obat. Beberapa cara ampuh untuk digunakan pada jenis sakit kepala tertentu. Jadi, sesuaikan teknik penyembuhan dengan sakit kepala yang Anda rasakan. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar