Selasa, 08 Januari 2013

5 Khasiat menakjubkan dari buah sirsak

 5 Khasiat menakjubkan dari buah sirsak


 

 1. Serat

Sirsak mengandung banyak serat yang dapat memperlancar pencernaan dan buang air besar, serta dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Selain itu, sirsak juga dapat membantu Anda mengendalikan nafsu makan dan mengontrol berat badan. 

2. Karbohidrat

Secangkir sirsak mengandung hampir 38 g karbohidrat, yang merupakan sumber energi utama dari tubuh Anda. Asupan karbohidrat harian Anda harus mencapai 45-65 persen dari kalori tubuh, yaitu 225-325 g per hari untuk diet 2.000 kalori. Selain itu, jenis karbohidrat yang terkandung dalam buah jauh lebih sehat daripada yang ditemukan dalam soda atau kue karena mereka dapat memicu peningkatan gula darah.  

3. Kalium

Sirsak adalah makanan sehat yang dapat meningkatkan asupan kalium untuk tubuh Anda. Kalium sangat penting untuk tubuh karena dapat membantu otot, kontraksi tulang, pencernaan dan mengatur tingkat tekanan darah yang sehat. 

4. Vitamin C

Sirsak adalah buah yang sangat kaya akan vitamin C. Perempuan harus memenuhi asupan 75 mg vitamin C per hari, sedangkan laki-laki sekitar 90 mg per hari. Vitamin C berperan penting dalam sistem kekebalan dan membantu tubuh melawan penyakit, termasuk kerusakan kulit, dan menyembuhkan luka. Selain itu, vitamin C juga dianggap sebagai antioksidan, yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas.
 

5. Air

Secangkir sirsak mengandung hampir 183 g air. Menurut MayoClinic.com, kebanyakan orang membutuhkan 8-9 gelas air setiap hari. Buah dengan kadar air yang tinggi, termasuk sirsak, dapat membantu mencegah dehidrasi.

Inilah khasiat menakjubkan dari buah sirsak. Selain enak dimakan mentah, Anda bisa membuat beberapa variasi minuman dengan bahan dasar sirsak. Contohnya jus sirsak atau smoothies sirsak.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar