Selasa, 08 Januari 2013

Hindari makanan ini setelah minum obat!

Hindari makanan ini setelah minum obat! 



Beberapa jenis obat bisa jadi berbahaya ketika dikonsumsi bersama dengan makanan tertentu. Oleh karenanya, Anda harus lebih jeli dalam membaca label pada kemasan obat untuk mencari tahu apa peringatan yang harus Anda waspadai. Atau jika tidak, tanyakan pada dokter Anda tentang makanan apa yang harus dihindari selama mengonsumsi obat tersebut, sebagaimana dilansir invernesscityvet.com.

1. Makanan yang mengandung vitamin K

Makanan kaya vitamin K dapat membuat warfarin (antikoagulan atau obat pengencer darah) jadi kurang efektif, menurut National Institutes of Health UK. Makanan yang mengandung vitamin K meliputi, antara lain sayuran hijau seperti bayam, kubis, kedelai, kacang-kacangan, dan teh hijau.

2. Makanan yang mengandung kalsium

Kalsium dari produk susu atau suplemen dapat menyebabkan masalah yang berkaitan dengan penyerapan obat tiroid atau antibiotik seperti ciprofloxacin atau levofloksasin. Hal ini disampaikan oleh Dr David Juurlink, ahli medis dari Universitas Toronto.

3. Alkohol

Alkohol juga dapat menyebabkan masalah bagi mereka mengonsumsi berbagai obat, termasuk pengencer darah seperti warfarin, antibiotik, anti-depressan, obat diabetes, anti-psikotik seperti Thorazine dan obat anti-kejang. Dampak yang dihasilkan tergantung pada obat yang diminum, misalnya, untuk jenis Dobat diabetes, dapatmenyebabkan mual atau sakit kepala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar